Sabtu, 25 April 2015

Menelusuri Gua Akbar Yang Indah di Kota Tuban


Gua Akbar adalah nama destinasi wisata yang ada di Kota Tuban - Jawa Timur. Lokasinya berada di belakang Pasar Baru Tuban. Nama Gua Akbar itu digunakan karena gua ini memiliki relung dan relung yang sangat besar dan luas. 


Konon panjang lorongnya mencapai 1 km. Karena begitu luasnya gua ini, lokasi gua Akbar ini sebenarnya juga berada tepat di bawah lokasi Pasar Baru Tuban. 


Tak heran jika di beberapa titik di dalam kawasan Pasar Baru Tuban ini terdapat lubang-lubang gua Akbar yang berpagar besi dan ditutupi oleh kanopi.


Tiket masuk gua Akbar ini berkisar Rp 5.000. Wisatawan bisa masuk ke dalam Gua Akbar dengan meniti tangga yang berpagar besi sepanjang lorongnya. Harap hati-hati saat melintasi lorong itu karena ada beberapa bagian yang basah karena tetesan dan rembesan air.




Yang menarik, saat melintasi lorong itu ada bongkahan batu besar yang bentuknya seperti kuda dan diberi nama Sela Turangga ( Batu Kuda ).




Ada juga Pasepen Kori Sinandi yang berarti Tempat Menyepi yang tersamarkan karena lokasinya yang tersembunyi di balik bebatuan dan relung gua.


Beberapa lorong gua Akbar ini memiliki panorama yang indah dan menakjubkan.  Apalagi dengan adanya pencahayaan lampu.



                View Video - Gua Akbar

Di bagian akhir perjalanan menelusuri Gua Akbar ini terdapat mushola yang unik karena berada di dalam gua. 


Mushola bernama Baitul Akbar dan banyak digunakan oleh wisatawan untuk beribadah itu berdinding dan beratap bebatuan alami gua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar