Sabtu, 04 April 2015

Kelenteng Kwan Sing Bio Yang Indah di Tuban


Ada banyak bangunan kelenteng di nusantara. Setiap kelenteng itu memiliki pesona keindahan dan kisahnya yang menarik. Salah satunya adalah Kelenteng Kwan Sing Bio yang berada di Kota Tuban - Jawa Timur.



Kelenteng yang berlokasi di Jalan R.E Martadinata ini merupakan tempat ibadah umat Tri Darma. Karena itu namanya sangat dikenal oleh umat Tri Darma atau warga Tionghoa sebagai salah satu kelenteng kuno yang legendaris.




Sesuai dengan namanya, kelenteng Kwan Sing Bio ini dibangun untuk menghormati dan memuja Kwan Sing Tee Koen atau Kwan Kong. Karena itu, di sana banyak terdapat ornamen-ornamen tentang Kwan Kong.



Pada bagian depan kawasan kelenteng terdapat gapura yang khas karena ornamennya berupa satwa kepiting raksasa. Mungkin inilah satu-satunya kelenteng yang memiliki ornamen berupa satwa kepiting.
 

Bangunan utama kelenteng ini tidak terlalu besar. Tetapi kawasannya sangat luas sekali. 

 

Selain altar utama, di kelenteng ini ada ruangan Tri Nabi, Bangunan Sembilan Gada Suci, aula pertemuan dan panggung kesenian yang biasa disebut Istana Kaisar yang sangat indah dan megah.


Walau merupakan tempat ibadah bagi umat Tri Darma, kelenteng ini terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung asalkan rapi, sopan dan bisa menghormati dengan menjaga sikap. 

 
Tak heran, jika di sana ada umat lainnya yang berkunjung ke kawasan kelenteng Kwan Sing Bio untuk menyimak dan menikmati pesona keindahannya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar